Rivalitas abadi dua motor klasik asal Amerika yang melegenda. Desain klasik yang menjadi ikon budaya, raungan mesin yang gagah, dan penakluk segala medan. Siapakah yang terbaik diantara Harley Davidson dan Indian Motorcycle? Sekarang, tunggangi motor kalian dan ikutlah berpetualangan untuk melihat perjalanan dari kedua motor tersebut.
Perjalanan kita dimulai dari sebuah pabrik sepeda tahun 1897 di Springfield, milik George M Hendee. Salah satu sepedanya yang dijual bernama American Indian. Orang-orang disana mengenalnya dengan sebutan sepeda Indian. Bukan motor, itu hanyalah sepeda. Tapi ini adalah konsep awal dari Indian Motorcycle. Pertemuan Hendee dengan temannya, Oscar Hedstrom di tahun 1900 membuat konsep itu menjadi kenyataan. Mereka bekerjasama, membangun sebuah sepeda motor dengan tenaga 1,75 daya kuda. Ini adalah awal dari momen yang bersejarah. Tidak hanya untuk Indian Motorcycle, tapi juga untuk sejarah motor klasik Amerika.
Sejarah panjang motor klasik di Amerika berawal dari dirancangnya mesin prototipe buatan Oscar dan Hendee untuk Indian Motorcycle. Namun, ternyata di sisi utara Milwaukee, William S Harley dan Arthur Walter Davidson juga sedang mengembangkan motor yang dikenal dengan nama Harley Davidson. Tidak membutuhkan waktu yang lama. Di tahun 1901, masing-masing dari mereka sudah siap dengan kendaraannya. Indian Motorcycle dengan mesin prototipe diproduksi, Harley Davidson “model 0” dipamerkan. Inilah awal dari rivalitas antara Indian Motorcycle dan Harley Davidson.
Motor Indian lebih dulu mencuri start nya. Kita bisa melihat motor Indian yang dijual Oscar dan Hendee di tahun 1902 melakukan debutnya di ajang balap. Indian tampil sangat tangguh dengan ketahanan mesinnya yang dimiliki. Di tahun 1903, motor tersebut melaju dari Boston ke New York, tanpa henti, ini adalah mesin yang luar biasa, kemenangan berpihak pada motor Indian.
Sampailah kita di masa kejayaan Indian Motorcycle, sungguh perjalanan tanpa istirahat. Di tahun 1904 kita kembali menyaksikan keahlian yang dimiliki oleh Oscar dan Hendee. Seperti tidak kehabisan akal, mereka menciptakan motor Indian merah yang mewah. Hanya selang satu tahun, Indian kembali memperkenalkan motor yang lebih inovatif. Tetap dengan warna merahnya, tapi ini menjadi motor pertama dengan konfigurasi V-Twin.
Di tahun 1907, pabrik dari Oscar dan Hendee memproduksi massal motor bermesin 633 CC, V-Twin 42 derajat dengan gaya roadster. Ini menjadi motor yang ikonik di era itu. Sedangkan di tahun yang sama, Harley baru memulai inovasinya ketika motor dengan mesin silinder tunggal F-head nya berhasil mencapai 154 penjualan. Ini adalah kekalahan telak untuk Harley Davidson. Oscar dan Hendee berada di atas angin, terduduk manis, melihat kemenangan demi kemenangan yang diberikan oleh Indian Motorcycle di setiap ajang balap yang diikuti.
Namun, pulangnya William S Harley ke Milwaukee setelah mendapat gelar teknik mesin adalah mimpi buruk untuk Oscar dan Hendee. Dengan ide revolusioner berupa mesin V-Twin 45 derajat yang dibawa nya, Harley Davidson disempurnakan, Indian Motorcycle mulai kehilangan eksistensinya.
Langsung tancap gas, di tahun 1909 Harley Davidson mulai mengejar ketertinggalannya. Harley Davidson “model 5D” diperkenalkan dengan mesin barunya, V-Twin 45 derajat. Ini adalah motor Harley pertama dengan V-Twin dan suara mesin yang gagah. Meski belum membawa Harley Davidson menuju kesuksesannya. Namun, mereka melihat banyak potensi dari desain mesin terbarunya.
Sekarang, kita mulai menuju ke arah kesuksesan Harley Davidson. Namun, sebelum sampai di sana, kita harus melewati tahun-tahun dimana Harley Davidson hanya memasarkan sepeda motornya untuk bisnis dan kesenangannya, selama dua tahun, dan itu sangat disayangkan. Seiring berjalanya waktu, sampailah kita pada tahun 1911. Tahun dimana Harley model V-Twin terbarunya yang bernama "model 70" diperkenalkan. Ini adalah kendaraan yang membawa kita ke depan pintu kesuksesan Harley Davidson. Motor di pasarkan, Harley Davidson menjadi kendaraan para pengusaha, pembalap, polisi, kurir pos, hingga angkatan darat. Tahun ini adalah milik Harley Davidson.
Seiring dengan kesuksesan Harley Davidson, pada tahun 1913 perselisihan terjadi di Pabrik Sepeda Motor Indian. Oscar memutuskan untuk pergi dari Indian Motorcycle. Hanya berselang 3 tahun, Hendee juga ikut mengundurkan diri. Ini adalah kabar buruk bagi motor Indian. Tapi, tidak untuk Harley Davidson.
Kekalahan telak yang didapat, dibalas dengan perkembangan yang signifikan. Di tahun 1916, setelah kehilangan pendirinya, Pabrik Indian Motorcycle sempat memperkenalkan mesin baru mereka yang dinamakan Powerplus dengan kapasitas 1000 CC dan mempertahankan mesin V-Twin 42 derajat yang sukses menambah daya pacu motornya. Namun hanya itu, sedangkan Harley Davidson tampil lebih produktif.
Salah satunya ketika seorang Jenderal AS yang ditugaskan untuk menangani kerusuhan yang terjadi di perbatasan AS-Meksiko meminta Harley Davidson merancang kendaraan untuknya. Apa yang terjadi? Harley Davidson mengeluarkan 12 HOG yang dilengkapi mobil samping dan menara senapan mesin. Seiring dengan berjalannya waktu, Harley Davidson terus digunakan untuk keperluan komersial hingga kebutuhan pemerintah, sampai hari ini.
Namun sebelum berjalan lebih jauh, kita harus melewati masa-masa sulit untuk kedua merek motor tersebut, yaitu tahun 1950-an. Dimulai dari Indian Motorcycle yang menyatakan harus menghentikan produksi motornya, hingga terganggunya eksistensi Harley Davidson karena kehadiran motor asal Britania Raya yaitu, Triumph. Tapi Harley hanya butuh waktu sebentar untuk bangkit dari keterpurukan. Di tahun 1957, Sebuah motor yang maskulin dengan suaranya yang gagah dan mesinnya yang berkecepatan tinggi, melintas dengan maksimal. Semua mata tertuju padanya, dan Itu adalah Harley Davidson Sportster, kiblat dari segala superbike modern. Sedangkan Indian Motorcycle? dia tidak melakukan apa-apa.
Memasuki tahun 2000-an, disaat Harley Davidson mendominasi pasar motor cruiser Amerika. Kita dikejutkan dengan Polaris Industries yang mengambil alih saham dari Indian Motorcycle, di tahun 2011. Indian Motorcycle kembali, ini adalah pertanda persaingan akan dimulai lagi. apakah Indian Motorcycle akan mengejar ketertinggalannya? Menarik untuk disaksikan, rivalitas abadi dari kedua merek motor paling bersejarah di Amerika.